Serunya Talk Show Bareng Daniel Mahendra

Posted by penganyamkata on May 6, 2012 under Ulasan | Be the First to Comment

Resensi Perjalanan ke Atap Dunia | #11

Oleh Septi Wijayani

(4/5/2012) Jumat ini Prodi Ilmu Komunikasi SKM IM Telkom menyelenggarakan kuliah umum di Aula IM Telkom Pukul 9.25. Acara ini dihadiri oleh dosen Prodi IKOM dan mahasiswa IKOM. Talkshow hari ini bertemakan “Menulis Kreatif dalam Public Relations” dengan narasumber Daniel Mahendra, seorang penulis buku “Perjalanan ke atap dunia”.

Fergischa Dwi Swara dan Jourdy Pranata sebagai MC membuka acara talkshow ini.Talkshow diawali dengan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Bu Maylanny Christin selaku dosen Public Relations Writing. Setelah itu acara dipandu oleh Pak Hadi Purnama sebagai moderator talkshow ini. Acara dikemas dalam bentuk tanya jawab sehingga suasana talkshow menyenangkan. Walaupun listrik sempat mati, namun acara tetap seru dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya.

Daniel Mahendra menceritakan pengalamannya sebagai penulis dan pengalamannya mencapai cita-citanya yaitu pergi ke Tibet yang selama ini Daniel idamkan. Daniel juga membagikan tips-tips dalam menulis kreatif khususnya dalam menulis di ranah public relations.

“Saya menulis apa yang saya kuasai dan sukai. Saya suka menulis karena saya ingin cerita saya didengar “ ujar Pak Daniel Mahendra di hadapan peserta talkshow. Daniel menambahkan bahwa dalam menulis kreatif jangan menulis dengan pikiran tetapi menulislah dengan Hati. Setelah kita menulis dengan hati lalu kita gunakan logika kita.

Selain membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat tentang menulis kreatif, Daniel Mahendra pun membagikan buku untuk tiga mahasiswa IM Telkom yaitu dua mahasiswa yang dipilih dari pertanyaan terbaik dan satu mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Pak Hadi. Mereka adalah Nike, Septi Wijayani (saya sendiri,ye ye ye….)dan Pilander Tias.

Setelah pembagian hadiah, Pak Hadi menyimpulkan apa yang tadi diperbincangkan. Tepat pukul 10.50 talkhsow ini berakhir. Ada satu kalimat yang menarik dari perkataan Pak Daniel di talkshow ini yaitu Beranilah bermimpi dan Beranilah mewujudkan. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini, Mahasiswa IKOM akan semakin terpacu untuk menulis kreatif dan menghasilan karya-karya kreatif sehingga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain seperti Daniel Mahendra yang sukses menularkan semangat bermimpi dari bukunya yang berjudul “Perjalanan Ke atap Dunia”.

Buku Perjalanan Ke Atap Dunia bakal menjadi teman perjalanan pulang kampung hari ini ke Cilegon.

_________________________

* Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Institut Manajemen Telkom, Bandung.

Tulisan ini dimuat di sini tak lain sekadar usaha pendokumentasian. Versi asli dari tulisan ini ada di Kompasiana [Mei 2012].

Comments are closed.